Akses Internet melaluli GPRS

Posted by Admin | Thursday, February 15, 2007 | , | 0 comments »

Dengan maraknya operator sellular memperkenalkan technology 3G, maka akses data yang kita inginkan akan lebih cepat di banding technology yang lama (GPRS dan EDGE).

Tapi kali ini saya akan memperkenalkan bagaimana cara kita menggunakan GPRS operator Telkomsel untuk akses internet lewat PC atau Laptop yang kita punya dengan menggunakan ponsel sebagai modem GPRS dengan media infrared (inframerah). Hampir seluruh jenis dan model ponsel yang memiliki fasilitas infrared dan GPRS dapat dijadikan modem GPRS, antara lain Ericsson, Nokia, Siemens dan Motorola. Begitu pula halnya dengan Laptop yang digunakan, hampir semua merk Laptop dapat digunakan, asalkan memiliki infrared port. Namun artikel ini hanya membahas Laptop dengan sistem operasi Windows XP.

Tetapi sebelum dapat menikmati akses internet melalui GPRS ini, perlu dilakukan beberapa langkah untuk mengaktifkan infrared pada ponsel dan setting di laptop yang akan digunakan. Dan satu lagi yang perlu diperhatikan, pastikan terlebih dahulu sim card baik simPATI atau kartuHALO yang akan digunakan sudah aktif GPRS-nya dengan mencoba browsing GPRS WAP pada ponsel tersebut.

Mengaktifkan Infrared pada ponsel
Persiapan yang perlu dilakukan dari sisi ponsel cukup mengaktifkan infrared. Tidak ada konfigurasi lain yang perlu dirubah/tambah seperti halnya browsing GRPS WAP. Cara mengaktifkan infrared pada ponsel berbeda untuk masing-masing jenis dan model ponsel. Berikut adalah beberapa jenis dan model ponsel yang sudah pernah dilakukan :
1. Ericsson
T310, T320, T610, T630, K700i : Connectivity > Infrared port > On
2. Nokia
UI 40 (layar kecil) : Settings > Connectivity > Infrared
UI 60 (layar besar) : Connect > Modem > Connect Via infrared
3. Siemens
S57 : Setup > Connectivity > GPRS (beri tanda centang), kemudian klik InfraRed

Lalu arahkan infrared ponsel ke infrared Laptop agar ponsel dikenal oleh Laptop yang kemudian akan melakukan instalasi driver secara otomatis.

Cara diatas dapat dilakukan diseluruh jenis dan model ponsel, tanpa harus menginstall driver untuk masing-masing ponsel terlebih dahulu. Khusus untuk ponsel Nokia UI 40, pastikan infrared selalu dalam keadaan on/hidup pada dikenal dan saat melakukan setting pada Laptop.


Setting pada Laptop
Langkah selanjutnya adalah men-setting dan konfigurasi Windows XP di Laptop agar dapat menggunakan modem GPRS yang sudah dikenal tadi untuk mengakses Internet. Akses internet yang dimaksud disini adalah dalam artian yang luas, yaitu segala jenis layanan yang terdapat di internet, seperti Web Browsing, E-mail, Chatting, dan lain-lain.

Mari kita mulai saja konfigurasi Windows XP di Laptop. Pertama kali, tekan tombol Start , kemudian pilih menu All Program, lalu pilih Accessories, lalu pilih Communication, dan terakhir pilih icon Network Connections. Setelah keluar window baru Network Connections, klik Create a new connection.


Lalu ikuti menu yang muncul dilayar monitor dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut :
1. Klik Next pada halaman pertama Welcome to The New Connection Wizard.
2. Di halaman kedua, pertanyaan Network Connection Type What do you want to do jawab dengan memilih Connect to the Internet, lalu tekan tombol Next.
3. Di halaman ketiga, pertanyaan How do you want to connect to the Internet jawab dengan memilih Set up my connection manually, lalu tekan tombol Next.
4. Di halaman keempat, masih dengan pertanyaan yang sama, jawab dengan memilih Connect using dial-up modem, lalu tekan tombol Next.
5. Di halaman kelima, pertanyaan ?Select a Device This is the device that will be used to make the connection, beri tanda check pada pilihan Modem - Standard Modem over IR link #X (COMXX), lalu tekan tombol Next. Abaikan angka dibelakang tanda pagar dan setelah COM dalam tanda kurung. Dan pastikan hanya satu check yang diaktifkan.

6. Di halaman ke enam, pertanyaan Type the name of your ISP in the following box ISP Name, isi dengan TSEL GPRS (tidak harus TSEL GPRS, boleh diganti yang lain), lalu tekan tombol Next.
7. Di halaman ke tujuh, pertanyaan Type the phone number below. Phone number?, isi dengan *99***1# lalu tekan tombol Next.
8. Di halaman ke delapan, pertanyaan ?Type the ISP account name and password.? isi dengan :
a. User name : wap
b. Password : wap123
c. Confirm password : wap123
Lalu tekan tombol Next.
9. Di halaman ke sembilan, tekan tombol Finish.
10.Kemudian akan muncul window baru Connect TSEL GPRS , tekan tombol Cancel , karena masih ada satu langkah lagi yang harus dikerjakan sebelum bisa memulai akses Internet dengan GPRS.


Konfigurasi selanjutnya adalah konfigurasi modem infrared. Pastikan infrared pada ponsel tetap aktif, dan tetap diarahkan ke infrared pada laptop.
Pada Windows XP, tekan tombol Start, lalu pilih Control Panel. Jika window control panel anda menampilkannya dalam bentuk Category View , klik Switch to Classic View, untuk menampilkannya dalam bentuk Classic View . Lalu pilih icon Phone and Modem Options.
Dari window Phone and Modem Options, klik tab Modems, lalu pilih modem Standard Modem over IR link #X (COMXX), kemudian klik tombol Properties.






Lalu dari window Modem Properties , pilih tab Advanced. Masukkan init string berikut didalam Extra initialization commands :
at+cgdcont=1,ip,internet
Tekan tombol OK, lalu tekan tombol OK sekali lagi untuk menyimpan konfigurasi tadi.
Selesai, semua konfigurasi di Windows XP sudah selesai dilakukan, sekarang saatnya untuk mencoba menghubungkan ke Internet. Tekan tombol Start , kemudian pilih menu All Program, lalu pilih Accessories, lalu pilih Communication, dan terakhir pilih icon Network Connections, . Lalu pilih icon TSEL GPRS, kemudian akan muncul window Connect TSEL GPRS . Pastikan infrared pada ponsel masih tetap aktif dan diarahkan pada infrared laptop. Tekan tombol Dial untuk mulai koneksi ke Internet. Tunggu sampai proses autentikasi selesai dilakukan dan muncul informasi TSEL GPRS is now connected di kanan bawah monitor anda, dan anda telah terhubung ke Internet. Lakukan aktivitas internet anda seperti biasa, misalnya dengan mengakses web dengan Internet Explorer, E-Mail, Yahoo Messenger atau aplikasi internet lainnya.





Jika anda telah selesai mengakses internet, untuk memutuskan koneksi, klik tombol kanan mouse di ikon seperti pada gambar 9 atau gambar 10, lalu pilih Disconnect.



Menghitung tarif penggunaan
Satu hal yang umumnya ditanyakan, ?berapa rupiah yang harus saya bayarkan untuk penggunaan yang sudah saya lakukan. Formulanya menghitungnya cukup mudah :
kartuHALO : (Jumlah KB yang diterima + jumlah KB yang dikirim) X Rp. 12,-
simPATI : (Jumlah KB yang diterima + jumlah KB yang dikirim) X Rp. 12,-
Tarif Rp.12,-/kb ini sewaktu waktu bisa berubah tergantung operator Telkomsel
Mari kita ambil contoh konkritnya, seperti pada gambar 10, jumlah bytes yang dikirim (Sent) adalah 48.110 bytes dan yang diterima (Received) adalah 347.589 bytes.

48.110 + 347.589 = 395.699 bytes
395.699 bytes / 1024 = 386.4 KiloBytes (KB)
386 X Rp. 12,- = Rp. 4.416,-


Mahal atau murah Tergantung persepsi masing-masing pengguna serta bagaimana memanfaatkan teknologi ini se-efektif mungkin.

0 comments