Menyatu di satu CANAL

Posted by Admin | Tuesday, March 20, 2007 | , | 0 comments »

Sesaat lagi teknologi Next generation Network (NGN) akan di realisasikan operator . Sebagai standar, NGN dirancang memenuhi kebutuhan infrastuktur telekomunikasi yang hemat biaya dan open system. Konsepnya lebih dari sekedar internet yang digabungkan dengan telepon rumad dan ponsel. Pada jaringan yang sudah menggunakan NGN, layanan tidak bersifat TDM(time division multiflexing), melainkan dalam bentuk paket paket effisien, dengan tetap mempehatikan QoS(Quality of Service).

Konsep NGN yang lengkap meliputi teknologi wireless, baik untuk perangkat diam, bergerak lambat, maupun bergerak cepat, dengan berbagai rate data yang dibutuhkan. Layanan dan aplikasi NGN pun dikembangkan pada standar JAIN dan OSA/Parlay (open service acces). Penyinyasal untuk multimedia pada NGN mengunakan suite H. 323 sesuei standar ITU (International Telecommunication Union) , atau SIP (sesion initiation protocol) yang distandarkan IEFT (internet engineering task force) . Untuk jenis traffic yang beraneka ragam namun menuntut QoS yang terpelihara, technology MPLS (multiprotocol label switching) adalah pilihan terbaik bagi NGN. Untuk network yang spesifik mengangkut jenis traffic tertentu,technology lain dapat disiapkan. Seiring diaplikasikan NGN, maka lompatan selanjutnya adalah meng-upgrade beberapa software jaringan ke dalam Internet Protocol Multimedia System atau IMS. Teknologi ini menawarkan kontrol layanan penuh IP (internet protocol) dari sisi packet network dan tidak bergantung pada acces network. Pada dasarnya, teknologi IMS lahir sebagai satu teknologi yang menggabungkan fungsi wireless dan wireline dengan menyajikan layanan yang tidak hanya voice saja ntetapi juga layanan data.Prinsip teknologi ini adalah mengatur session yang timbul untuk tiap layanan.

IMS sendiri belum terlalu populer seperti anda menganalisa istilah GPRS atau 3G. Tapi layanan yang mulai diperkenalkannya pada Kongres SIPdan IMS pada 2002 lalu, menjadi sangat penting karena mempengaruhi berjalannya banyak aplikasi multmedia masa depan, seperti push to talk(PTT), live streaming dan voice chat messenging, info saham real time, online game yang lebih interaktif antara PC dan ponsel, dan lainnya.

Dengan adanya IMS, selain sebagai antisipasi jaringan masa depan, hal utama yang terlihat adalah biaya operasional dan penggunaan infrastuktur untuk menawarkan berbagai aplikasi yang jauh lebih murah.

0 comments